Mengenal Presiden ke-44 Amerika Serikat: Barack Obama

Dunia82 Dilihat
Barack Obama Presiden ke-44 US
Barack Hussein Obama II lahir 4 Agustus 1961 adalah seorang politikus Amerika yang menjabat sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2017. Seorang anggota Partai Demokrat , Obama adalah presiden Afrika-Amerika pertama di Amerika Serikat. Dia sebelumnya menjabat sebagai senator AS dari Illinois dari 2005 hingga 2008 dan sebagai senator negara bagian Illinois dari 1997 hingga 2004, dan sebelumnya bekerja sebagai pengacara hak sipil sebelum terjun ke dunia politik.

Biodata

Dilahirkan: Barack Husein Obama II

Tanggal: Honolulu , Hawaii , AS, 4 Agustus 1961

Partai Politik: Demokratis

Pasangan: Michelle Robinson ​( m.1992 ) _

Anak-anak

  • Malia
  • Sasha

Orang tua

  • Barack Obama Sr.
  • Ann Dunham

Kerabat

Keluarga: Barack Obama

Tempat tinggal: Kalorama (Washington, DC)

Pendidikan: Sekolah Punahou

Almamater Perguruan Tinggi Barat

  • Universitas Kolombia ( BA )
  • Universitas Harvard ( JD )

Pekerjaan

  • Politikus
  • pengacara
  • pengarang

Perubahan iklim , menandatangani perjanjian iklim internasional yang besar dan perintah eksekutif untuk membatasi emisi karbon . Obama juga memimpin penerapan Undang- Undang Perawatan Terjangkau dan undang-undang lain yang disahkan pada masa jabatan pertamanya, dan dia merundingkan perjanjian nuklir dengan Iran dan menormalkan hubungan dengan Kuba . Jumlah tentara Amerika di Afghanistanturun drastis selama masa jabatan kedua Obama, meskipun tentara AS tetap berada di Afghanistan selama masa kepresidenan Obama . Obama meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2017, dan terus tinggal di Washington, DC . Perpustakaan kepresidenannya di Chicago mulai dibangun pada tahun 2021.

Selama masa jabatan Obama sebagai presiden, reputasi Amerika Serikat di luar negeri, serta ekonomi Amerika, meningkat secara signifikan. Pemeringkatan oleh para sarjana dan sejarawan menempatkannya di antara presiden Amerika tingkat atas hingga menengah. Sejak meninggalkan jabatannya, Obama tetap aktif dalam politik Demokrat, termasuk mengkampanyekan kandidat di berbagai pemilu Amerika. Di luar politik, Obama telah menerbitkan tiga buku laris : Dreams from My Father (1995) , The Audacity of Hope (2006) dan A Promised Land (2020).

Komentar