4 Tokoh Zuhud di Indonesia dan Dunia

tokoh agama317 Dilihat
4 Tokoh Zuhud di Indonesia dan Dunia

4 Tokoh Zuhud di Indonesia dan Dunia

Dalam ajaran Agama Islam zuhud merupakan landasan dasar yang dijadikan teladan dalam penanaman akhlak yang mulia. Sepanjang sejarah tokoh Islam di Dunia zuhud selalu dianggap hal mengagumkan bagi lawan-lawan Islam. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan menuliskan tentang tokoh zuhud di Indonesia dan Dunia.

Tokoh Zuhud

Tokoh zuhud yang ada di Indonesia dan Dunia disini bukan hal yang mutkal harus dipercaya mengingat biasanya manusia pilihan ini tidak ingin segala aktifitas duniawinya diketahui. Hanya saja secara presefektif Islami layak dijadikan teladan.

Nabi Muhammad S.A.W

Tokoh zuhud pertama yang patut djadikan teladan bagi umat Islam adalah Nabi Muhammad seorang rosul yang diberikan amanah untuk menyebarkan Agama Islam keseluruh Dunia. Dalam Biografi Nabi Muhammad dan Islam dijelaskan tentang keteladanan dalam kezuhutan beliau. 

Imam Malik bin Anas

Catatan secara singkat tentang biografi Imam Malik bin Anas memberikan kejalasan bahwa beliau sebagai seorang yang zuhud serta sangat kuat hafalannya dalam Hadits. Sampai saat inilah beliau menjadi idola bagi umat Islam.

Umar bin Abdul Aziz

Seorang tokoh ahli sejarah yakni Muhammad Shiddiq aL-Minsyawi telah menuliskan bahwa Biografi Umar bin Abdul Aziz adalah ulama Islam yang zuhud dalam keadaan apapun. Sebagai pemimpin (khalifah) pada saat itu beliau telah memberikan jasa-jasa berarti bagi perkembangan Ilmu pengetahuan dengan kehidupan yang sederhana.

Mohammad Hatta

Untuk di Indonesia salah satu tokoh nasional yang dianggap oleh sebagai orang menamkan nilai zuhud dalam hidupnya ialah Mohammad Hatta, bahkan secara khusus mengenal kepribadian bung hatta sangatlah penting dijadikan teladan bagi generasi muda di zaman sekarang. Oleh karena itulah di akhir sesi tentang tokoh zuhud ini kami menuliskan tentang beliau.

Nah, demikianlah rangkaian tulisan yang dapat kami bagikan tentang nama dan biografi tokoh zuhud di Indonesia dan Dunia. Semoga melalu tulisan singkat ini bisa memberikan uraian yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Terimakasih.

Komentar