Mitologi Angka 13 Lambang Kehidupan Kekal dan Mitos Ketidakberuntungan

Mitologi112 Dilihat
Beberapa orang percaya bahwa angka 13 membawa perubahan

Mitologi Angka 13 Lambang Kehidupan Kekal dan Mitos Ketidakberuntungan

Angka takhayul 13 memiliki sejarah panjang sejak ribuan tahun yang lalu. Sejak lama Angka 13 dianggap tidak beruntung. Namun dalam beberapa kebudayaan, seperti Yudaisme dan Mesir kuno, angka 13 justru dipandang berbeda. Dalam Budaya orang Mesir kuno, mereka memandang angka 13 sebagai awal yang baru, kehidupan kekal, dan kebangkitan. Angka ini bahkan dikaitkan dengan Osiris, dewa Kematian bangsa Mesir kuno.

13 yang dianggap sebagai angka sial

Dalam penanggalan, ketika tanggal 13 jatuh pada hari Jumat, banyak orang menjadi cemas. Disisi lain juga sebagian besar bangunan menghindari lantai tiga belas. Bahkan ada yang menghindari menjadi tamu ketiga belas yang diundang. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pengaruh Kristen di Dunia Barat. Menurut Injil, Yudas Iskariot adalah tamu ketiga belas pada Perjamuan Terakhir. Ia adalah tamu yang akhirnya mengkhianati tuannya.

Pada hari Jumat, 13 Oktober 1307, Raja Philip IV dari Prancis memerintahkan penangkapan para Ksatria Templar. Sebagian besar akhirnya meninggal.

Angka 13 juga merupakan kartu kematian di tarot. Namun jauh dari konotasi negatif, kartu tersebut biasanya berarti perubahan besar dalam hidup seseorang.

Dalam tulisan Jonathon Perrin di laman Ancient Origins di sebutkan “Menurut ahli numerologi, angka 13 dianggap sangat karma, terkait dengan ketuhanan”. Artinya angka tersebut diyakini membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi mereka yang menggunakannya.

Nyatanya, beberapa orang percaya bahwa angka 13 membawa perubahan, yang seringkali bisa mengarah pada pandangan positif. Seperti Taylor Swift yang merupakan salah satu penyanyi wanita paling sukses dalam sejarah. Angka 13 adalah angka keberuntungannya. Menurutnya “Saya lahir pada tanggal 13. Saya berusia 13 tahun pada hari Jumat tanggal 13. Album pertama saya menjadi emas dalam 13 minggu. Lagu #1 pertama saya memiliki intro 13 detik,” ungkap Swift dalam sebuah wawancara.

Angka 13 dianggap sebagai awal yang baru

Ide 13 sebagai perubahan dan transformasi telah lama terlihat dalam budaya kuno. Angka 13 dianggap mewakili kelengkapan, kesempurnaan, keseluruhan, dan bahkan tatanan kosmik.

Ada dua periode 12 jam dalam sehari, 12 bulan lunar di tahun matahari, 12 dewa Olympian, 12 pekerjaan Herkules, 12 putra Yakub, 12 suku Israel, 12 murid Yesus, dan bahkan 12 hari Natal.

Komentar